Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, kembali menggelar Festival Saribu Rumah Gadang, dalam rangka mendorong dan mempopulerkan Kawasan Saribu Rumah Gadang sebagai wisata seni dan budaya unggulan.
Pada Festival ini kita akan menikmati perhelatan dan tatanan adat yang pernah ada di masa lampau, dalam bentuk prosesi adat, kesenian, kuliner dan penyajiannya, serta artistik masa lampau baik dalam rumah gadang atau lingkungan Festival itu sendiri. Yang menarik adalah seluruh tokoh Adat dan Masyarakat menjadi pendukung peristiwa dalam Festival ini.
Lokasi Festival: Kawasan Saribu Rumah Gadang, Koto Baru dan Pasia Talang.Ruang Festival lainnya yaitu di Taman Kota Muaro Labuah juga menyediakan panggung bagi anak nagari untuk menggelar karya mereka yang berangkat dari akar budaya sendiri, baik tari, musik dan randai, juga pameran kuliner dan pameran kerajinan khas. Tidak ketinggalan sebagai sebuah ruang pengetahuan bagi siswa sekolah dari tingkat TK, SD, SMP/Sederajat, SMK, SMA/ Sederajat, mereka akan berlomba menuliskan impresi mereka ketika mengunjungi Kawasan Saribu Rumah Gadang di saat Festival. 
Pembukaan 22 Maret 2019 pukul 19.45 di Kawasan Saribu Rumah Gadang, Koto Baru. 
Tgl 23 Maret 2019, pukul 09.00-12.00 kunjungan seluruh tingkat sekolah se Solok Selatan di Kawasan Rumah Gadang; Koto Baru, Balun dan Pasia Talang. 
Pukul 14.00-18.00 Prosesi Adat dari Simpang Pasa Baru sampai Lapangan Banca dan pameran Prosesi Adat di Lapangan Banca. 
Pukul 16.00-00.00 Penampilan Seni Pertunjukan anak nagari (sanggar/komunitas)di Taman Kota Muaro Labuah. 
SIMPOSIUM ”Mengenal lebih dekat keberadaan Rumah Gadang” oleh Ir. Hasmurdi Hasan pukul 10.00-12.00 di Rumah Gadang Melayu (Depan Gajah Maram) Kawasan Saribu Rumah Gadang Koto Baru. 
Tgl 24 Maret 2019 
Pukul 13.00-17.00 Alek Pidato di Kawasan Rumah Gadang PasiaTalang. 
Pukul 14.00-17.00 Penampilan Seni Pertunjukan anak nagari di Taman Kota Muaro Labuah. 
Pukul 19.45-Selesai, Penutupan Festival di Taman Kota Muaro Labuah yang melibatkan tokoh Adat dan masyarakat Solok Selatan.